Berinvestasi Secara Internasional
Tips Investasi

Bagaimana Berinvestasi Secara Internasional?

Berinvestasi Secara Internasional

Amerika Serikat menawarkan banyak opsi investasi domestik untuk calon investor, tetapi jika Anda menginginkan portofolio yang terdiversifikasi, Anda juga perlu mempertimbangkan investasi internasional. Berinvestasi di saham, obligasi, dan aset lain di negara lain dapat menjadi langkah finansial yang kuat yang meningkatkan kinerja portofolio Anda – dan dapat menawarkan manfaat selain keuntungan moneter.

Manfaat Berinvestasi secara Internasional

Mari kita lihat beberapa manfaat terpenting dari berinvestasi secara internasional:

  • Pilihan yang Lebih Luas. Amerika Serikat bukanlah satu-satunya negara yang memiliki potensi ekonomi. Membuka pikiran Anda pada kemungkinan internasional akan memberi Anda investasi yang lebih luas untuk dipertimbangkan. Apapun tujuan Anda, memiliki lebih banyak pilihan adalah hal yang baik; ia dapat memperkenalkan Anda pada saham perusahaan, obligasi, mata uang, dan aset lain yang mungkin tidak akan pernah Anda temukan sebaliknya.
  • Hedging Terhadap Resiko. Meskipun globalisasi telah memungkinkan banyak negara di dunia untuk menyatukan semacam pasang surut ekonomi global, sebagian besar negara masih mengalami siklus pertumbuhan dan resesi mereka sendiri secara mandiri. Berinvestasi di beberapa negara berbeda adalah cara yang bagus untuk melakukan lindung nilai terhadap risiko, mengurangi eksposur Anda terhadap risiko satu negara.
  • Akses ke Peluang Pertumbuhan Tinggi. Banyak negara di dunia yang masih mengalami perkembangan, memanfaatkan kapitalisme untuk pertama kalinya atau mengalami kebangkitan teknologi. Negara-negara ini merupakan peluang besar untuk pertumbuhan, terutama jika dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Amerika yang relatif lambat.
  • Manfaat Sekunder. Ada juga beberapa keuntungan tambahan untuk menjadi investor internasional. Misalnya, bergantung pada berapa banyak uang yang harus Anda investasikan, Anda dapat menggunakan investasi internasional Anda sebagai cara untuk mendapatkan visa investor Italia, atau visa investor di negara lain pilihan Anda. Anda juga dapat berinvestasi di real estat di berbagai negara, dan menggunakan properti tersebut sebagai rumah liburan saat bepergian.

Pilihan Utama untuk Berinvestasi secara Internasional

Ada banyak cara berbeda untuk berinvestasi secara internasional, termasuk:

  • Saham Asing. Salah satu cara paling mudah untuk berinvestasi secara internasional adalah dengan saham asing. Di sini, Anda akan berinvestasi di luar negeri secara langsung, seperti yang Anda lakukan dengan membeli saham di perusahaan Amerika. Anda dapat berinvestasi di perusahaan yang menggunakan bursa saham asing, atau melalui tanda terima penyimpanan Amerika (ADR), yang memungkinkan Anda untuk memperdagangkan saham asing di bursa saham Amerika.
  • Anda juga bisa mendapatkan eksposur ke saham internasional dengan bantuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF). Misalnya, Anda dapat membeli ETF yang melacak bursa saham negara asing tertentu, atau ETF yang melacak perkembangan ekonomi beberapa negara secara bersamaan. Apa pun yang Anda pilih, Anda akan dapat berinvestasi dengan berbagai cara jika memilih opsi ini.
  • Perusahaan Multinasional (MNC). Beberapa perusahaan Amerika beroperasi secara internasional dan sangat bergantung pada operasi global untuk menghasilkan pendapatan. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan keuntungan dari mengembangkan area tanpa berinvestasi di saham asing, Anda dapat berinvestasi di perusahaan multinasional ini.
  • Jika Anda sangat yakin dengan masa depan ekonomi suatu negara, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam mata uang mereka. Mata uang cenderung lebih fluktuatif dan tidak dapat diprediksi daripada bentuk investasi lain, tetapi ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menyempurnakan portofolio Anda.
  • Obligasi Internasional. Sama seperti Amerika Serikat, sebagian besar negara lain menerbitkan obligasi sebagai cara untuk mengumpulkan dana. Anda dapat berinvestasi di negara lain dengan cara ini dengan risiko yang relatif minimal, memanfaatkan tingkat pertumbuhan persentase tetap saat Anda memperoleh bunga atas pokok awal Anda.
  • Real Estat Internasional. Anda juga dapat berinvestasi dalam real estat internasional. Anda dapat melakukan ini secara langsung, dengan mengunjungi negara pilihan Anda dan membeli properti di daerah tersebut. Anda mungkin juga dapat melakukan ini dengan bantuan perwalian investasi real estat internasional (REIT).
  • Investasi Langsung. Jika Anda tertarik dengan pendekatan yang lebih praktis, Anda juga dapat berinvestasi secara internasional dengan pindah ke sana dan mencari peluang. Bergantung pada tujuan Anda, Anda dapat menyediakan modal ventura untuk memulai pemula, atau meluncurkan perusahaan Anda sendiri di luar negeri.

Bagaimana Memulai

Jika Anda ingin mulai berinvestasi secara internasional, opsi terbaik adalah membiasakan diri dengan beberapa negara berbeda. Seberapa maju negara-negara ini? Keuntungan apa yang mereka miliki dibandingkan negara lain secara ekonomi? Apa bedanya dengan Wisata Semarang?

Dari sana, Anda perlu memikirkan tujuan Anda. Apakah Anda paling tertarik untuk memanfaatkan area dengan pertumbuhan tinggi? Atau apakah lebih penting bagi Anda untuk mendiversifikasi portofolio Anda dan mengurangi risiko? Tidak ada jawaban benar atau salah, tetapi Anda perlu memahami tujuan dan profil risiko Anda sebelum melangkah lebih jauh.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas, Anda dapat mulai melakukan investasi awal. Secara bertahap masukkan investasi internasional ke dalam portofolio investasi Anda, dan buat penyesuaian yang diperlukan saat menyeimbangkan kembali portofolio Anda.